Bupati Nias Serahkan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Bupati Nias Drs.Sokhi’atulo Laoli, MM menyerahkan secara simbolis alat-alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani, bertempat di kantor pertanian Kabupaten Nias kecamatan Gido, Rabu (8/10)
Adapun Alat-alat dan mesin pertanian tersebut yaitu : Power Tresher sebanyak 20 unit dan Minitiller sebanyak 8 unit
Dalam arahannya Bupati menyampaikan,Guna menangani dan mengatasi permasalahan yang dihadapi para petani pada saat ini, maka salah satu wujud kepedulian Pemerintah kabupaten Nias melalui SKPD Dinas pertanian Kabupaten Nias, badan ketahanan pangan dan penyuluhan pertanian yaitu pengadaan alat-alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Salah satu kendala yang dihadapi oleh petani dalam mengembangkan usaha tani khusus komoditas padi dan komoditas palawija seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar dan komoditas holtikutura seperti cabe dan sayuran lainnya adalah keterbatasan dan kelangkaan tenaga kerja, sehingga tingkat capaian luas tanam, capaian produktif masih rendah, juga pengaruh iklim ekstrim, musim kemarau dan curah hujan yang tinggi. Ujar Bupati

Selanjutnya Bupati menyampaikan, berbagai program yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas pertanian mulai tahun 2011 s/d 2014 yakni peningkatan ketahanan pangan pertanian, program peningkatan produksi perkebunan seperti pengadaan bibit karet, kakao dan peremajaan/perluasan kebun karet, program peningkatan produksi peternakan dan pencegahan serta penanggulangan penyakit ternak dan program rehabilitasi hutan dan lahan.

Pengembangan alat-alat dan mesin pertanian tidak terlepas dari perubahan struktur ekonomi masyarakat, alsintan bukan hanya berperan dalam meningkatkan luas tanam dan intensitas tanam akan tetapi juga untuk meningkatkan produktivitas dan efesiensi usaha tani.
Bupati berharap kepada pengurus penerima manfaat Alsitan tersebut, kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam kemajuan kelompok dan supaya dilakukan pemeliharaan secara maksimal
Bahkan Dia menegaskan agar jangan dialihfungsikan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik, jangan menjadi konflik internal kelompok. Tegas Bupati.

Selanjutnya dapat dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*