Pemda Nias Melaksanaan Temu Pers Tahun 2014

Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli MM pada pelaksanaan Temu Pers Tahun 2014 menyampaikan ,Saat ini Ibukota Kabupaten Nias masih berkedudukan diwilayah Kota Gunungsitoli,kondisi ini Pemerintah Kabupaten Nias melakukan beberapa tahapan kegiatan dalam rangka penetapan Pusat pemerintahan sekaligus lokasi Ibukota Kabupaten Nias pada salah satu kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Nias. Yang dilaksanakan diruang pertemuan lantai I kantor Bupati Nias jalan Pelud Binaka KM 9 Desa Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan Jum’at  11/7.

Bupati Nias mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 pasal 7 ayat (2) dan (3)tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2007 pasal 12 ayat (4) tentang tata cara pembentukan,penghapusan dan penggabungan daerah dinyatakan bahwa pembentukan kota dan cakupan wilayahnya merupakan ibukota Kabupaten,maka ibukota Kabupaten tersebut harus dipindahkan kelokasi lain secara bertahap paling lama 5 tahun sejak dibentuknya kota.Serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 30 tahun 2013 pasal 7 tentang Pedoman Pemberian Nama Daerah,Pemberian Nama  Ibukota,Perubahan Nama Daerah,Perubahan  Nama Ibukota,dan Pemindahan  Ibukota.

Ditambahkan, Pemkab Nias telah melakukan beberapa tahapan kegiatan dalam pemindahan ibukota Kabupaten Nias seperti penjaringan aspirasi masyarakat atau kesepakatan masyarakat pada tahun 2011, penyusunan naskah akademis atas kajian/studi kelayakan tahun 2013 dan telah disetujui oleh  DPRD Kabupaten Nias  pada tanggal 9 Juni 2014 dengan Nomor 170/04/DPRD/2014 tentang persetujuan Kecamatan Gido sebagai Ibukota Kabupaten Nias.
Pemerintah Kabupaten Nias bersama DPRD Pada tanggal 20 Juni 2014 telah menyampaikan usul pemindahan Ibukota Kabupaten Nias kepada Gubernur Sumatera Utara dan telah mendapat persetujuan dari bapak Gubernur Sumatera Utara dan kemudian akan diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta
Gubernur Sumatera Utara menyampaikan usul calon Ibu Kota Kabupaten Nias kepada Menteri Dalam Negeri dengan melampirkan surat Bupati Nias, keputusan DPRD Kab. Nias dan Naskah Akademis atas kajian/studi kelayakan calon Ibu Kota Kabupaten Nias.

Menteri Dalam Negeri melalui Direktoral Jenderal Pemerintahan Umum melakukan proses usulan calon Ibu Kota Kab. Nias dengan melibatkan Pemerintah Kab. Nias, Pemerintah dan Instansi terkait. Menteri Dalam Negeri menyampaikan rancangan Peraturan Pemerintah tentang penetapan Ibu Kota Kab. Nias kepada Presiden untuk ditetapkan menjadi Peraturan Pemerintah.

One thought on “Pemda Nias Melaksanaan Temu Pers Tahun 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *