Pemda Nias Membuka Sosialisasi Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2014

BUPATI NIAS, Drs. SOKHIATULO LAOLI, MM Membuka Sosialisasi Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2014 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias yang dilaksanakan di ruang oval lt.3 Kantor Bupati Nias,04/07-2014
Bupati Nias, Informasikan kepada kita semua bahwa usul pemindahan ibukota kabupaten nias dari gunungsitoli ke kecamatan gido telah mendapatkan persetujuan gubernur sumatera utara, untuk kemudian akan diteruskan kepada menteri dalam negeri di jakarta. untuk itu, marilah kita berdoa, semoga penetapan kecamatan gido sebagai ibukota kabupaten nias melalui peraturan pemerintah dapat terealisasi sebelum berakhirnya tahun 2014 ini.
Dikatakan bahwa,Pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara langsung, pertama kali diselanggarakan  tahun 2004, dan  pada tahun ini merupakan kesempatan yang ketiga kalinya memberikan hak politik dalam menentukan presiden dan wakil presiden republik indonesia periode 2014-2019.

Bupati Menambahkan,pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung masih dianggap terbaik ketimbang pemilihan melalui mekanisme di lembaga perwakilan. kebaikan maupun keuntungan pemilihan umum secara langsung diantaranya :
1.presiden yang terpilih melalui pemilihan umum akan mendapatkan mandat dan dukungan yang lebih nyata dari rakyat, sebagai wujud kontrak sosial antara pemilih dengan tokoh yang dipilih.
2.pemilihan presiden langsung secara otomatis akan menghindari intrik-intrik politik dalam proses pemilihan dengan sistem perwakilan.
3.pemilihan presiden langsung akan memberikan kesempatan yang luas kepada rakyat untuk menentukan pilihan secara langsung tanpa mewakilkannya kepada orang lain. kecenderungan pada sistem perwakilan adalah terjadinya penyimpangan antara aspirasi rakyat dengan wakilnya.
4.pemilihan langsung dapat menciptakan perimbangan antara berbagai kekuatan penyelenggaraan negara terutama dalam menciptakan mekanisme cheks and balances antara presiden dengan lembaga perwakilan karena sama-sama  dipilih oleh rakyat.

Bupati Nias  menyampaikan beberapa hal kepada seluruh jajaran pemerintah daerah termasuk aparatur desa, bpd dan tokoh masyarakat, sebagai berikut :pertama,saya menyampaikan apresiasi dengan iringan ucapan terimakasih kepada penyelenggara pemilihan umum dpr, dpd dan dprd tahun 2014 mulai tingkat kabupaten hingga desa yang telah bersunguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, sehingga pemilihan umum legislatif tahun 2014 di kabupaten nias dapat terselenggara dengan baik dan sukses. dan kita berharap kesuksesan yang sama dapat ditularkan dalam penyelenggaraan pemilihan umum presiden dan wakil presiden pada 9 juli 2014 yang akan datang.

kedua, pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2014 bukan hanya tanggung jawab kpu, panwaslu dan pihak keamanan, namun merupakan tanggung jawab kita bersama. untuk itu, saya menginstruksikan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk dapat memberikan peran fasilitasi seoptimal mungkin sesuai peraturan perundang-undangan.
ketiga, kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten nias, khususnya pegawai negeri sipil, kepala desa dan perangkat desa se-kabupaten nias, dihimbau untuk selalu menjaga dan menjunjung tinggi netralitas pada pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2014 ini. dengan harapan agar pemilihan umum yang akan segera kita jelang dapat terlaksana dengan jujur, adil serta berintegritas dan tentunya dapat berjalan aman dan damai.
keempat, mewujudkan masyarakat kabupaten nias menjadi pemilih yang cerdas, akan sulit menjadi kenyataan, apabila kita membiarkan masyarakat berusaha sendiri dalam memperoleh informasi terkait pilihannya. oleh sebab itu, kita juga berkewajiban untuk berupaya menyajikan informasi yang benar, adil dan berimbang sesuai aturan main yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.
kelima, kepada saudara camat se-kabupaten nias diminta untuk tetap menjalin koordinasi dan komunikasi dengan unsur muspika dan secara khusus kepada penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, dengan maksud agar dapat melakukan pencegahan dini atas potensi konflik atau kerawanan, sekaligus dapat ditemukan solusi terhadap setiap masalah secara cepat dan tepat. kemudian kepada saudara juga saya meminta kiranya terus menghimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak ”golput”, serta dapat memberikan hak pilihnya pada 9 juli 2014 di tps-tps yang telah ditentukan.

Turut hadir ;Wakil Bupati Nias.Sekretaris Daerah Kab. Nias.staf ahli bupati nias.asisten sekda kab. nias.sekretaris dprd kabupaten nias.inspektur kabupaten nias. kadis/kaban/kakan di lingkungan pemerintah  kabupaten nias. ketua kpu kabupaten nias.ketua panwaslu kabupaten nias.kabag lingkup setda kab. nias.camat se-kabupaten nias.     kepala desa, bpd dan tokoh masyarakat perwakilan masing-masing kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *