Pembukaan Sidang Raya Ke-XVI Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla secara resmi membuka Sidang Raya Ke-XVI Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) 2014 ditandai dengan pemukulan gong, pada hari Selasa 11 November 2014 di lapangan olah raga, Desa Siwalubanua, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.
Adapun tema yang diangkat dalam Sidang Raya Ke-XVI PGI 2014 adalah “TUHAN MENGANGKAT KITA DARI SAMUDRA RAYA”. Dan sub tema adalah “Dalam Solidaritas Dengan Sesama Anak Bangsa Kita Kembali Mengamalkan Nilai Pancasila Guna Menanggulagi Kemiskinan, Ketidakadilan, serta Radikalisme”.
Pada acara tersebut turut hadir Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin, Menteri Hukum dan Ham RI DR. Yasonna H. Laoly, SH,. M.Sc, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Ketua PGI Pdt. Dr. Andreas A. Yewangoe, para kepala daerah se-Kepulauan Nias dan ribuan masyarakat Nias.
Dalam sambutannya Jusuf Kalla mengapresiasi kegiatan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) karena tidak hanya memikirkan soal internal organisasi, tetapi juga telah turut serta dalam solidaritas sesama anak bangsa. “PGI juga tidak hanya mengurus peribadatan, tetapi juga aktif di bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan masyarakat,” ungkap Kalla.


Wakil Presiden mengatakan bahwa pemerintah mempunyai tekad meningkatkan kualitas dan kesejahteraan bangsa Indonesia melalui pemberian beasiswa kepada siswa tidak mampu, juga pemberian kartu sehat dan bantuan sosial lainnya.
Namun hal itu tidak akan terwujud tanpa bantuan dari semua pihak termasuk peran gereja. “Dalam mengimplementasikan program pemerintah tersebut, tentu tidak berjalan tanpa kerja sama semua pihak. Gereja merupakan salah satu ujung tombak dalam kemajuan bangsa, karena tanpa kebersamaan maka tidak akan tercapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ujar Kalla.
Oleh karena itu, tambah Jusuf Kalla, melalui Sidang Raya XVI PGI 2014 ini diharapkan menjadi pembicaraan yang positif dan menjadi kemajuan bagi bangsa dan masyarakat.
Usai menyampaikan sambutannya, Jusuf Kalla membuka secara resmi Sidang Raya XVI PGI 2014 ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan oleh Ketua PGI Pdt. Dr. Andreas A. Yewangoe, Menteri Hukum dan Ham Yasonna Hamonangan Laoly, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan seluruh Kepala Daerah Di Kepulauan Nias .

Pada acara pembukaan , terlebih dahulu di awali Khotbah dari Ephorus BNKP di lanjutkan  dengan tari-tarian dan pemberian Sekapur Sirih sesuai adat Nias dari Sanggar SMKN I Gunungsitoli kepada Wakil Presiden RI Jusuf kala, kepada Menteri Agama, Menteri Hukum dan Ham, Gubernur Sumatera utara, ketua PGI, Kepala daerah sekepulauan Nias dan kepada Tamu lainnya. Juga pada acara tersebut diadakan lompat Batu dari Nias selatan, Koor Massal kurang lebih 2800 orang.

Selengkapnya dapat dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *