Penyerahan Moda Transportasi Darat Pedesaan di Kabupaten Nias tahun 2014

Penyerahan Moda Transportasi Darat Pedesaan di Kabupaten Nias tahun 2014 yang dilaksanakan di Kantor Bupati Nias pada hari Senin 17 November 2014 kepada 9 (sembilan) Desa.
Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menyampaikan bahwa penyerahan Moda Transportasi Darat di Kabupaten Nias merupakan kepedulian Pemerintah untuk mengembangkan ekonomi masyarakat desa yang selama ini kesulitan dalam pengangkutan produksi masyarakat dari sentra-sentra produksi kepusat-pusat pemasaran.
Bupati Nias mengharapkan kepada para pengelola dan penerima agar dimanfatkan dengan baik dan transparan kepada masyarakat serta mematuhi ketentuan yang telah diatur dalam Peraturan Bupati Nias nomor 27 tahun 2014 tentang petunjuk pengelolaan moda transportasi darat di Kabupaten Nias, yang mengatur tentang pengelolaan, pembinaan pertanggungjawabab dan pelaporan serta pengawasan, pemantauan, larangan dan sanksi. Moda transportasi darat perdesaan hanya diperuntukan untuk mengangkut produksi-produksi masyarakat seperti hasil pertanian dan kebutuhan pokok masyarakat bukan dimanfaatkan untuk mengangkut bahan material batu dan kerikil, atau di pindah tangankan pihak ketiga.


Penetapan desa penerima moda transportasi darat pedesaan TA 2014 di Kabupaten Nias berpedoman kepada Peraturan Menteri Menteri Pembangunan Daerah tertinggal nomor 1 tahun 2014 tentang petunjuk teknis pembangunan dana alokasi khusus bidang sarana dan prasarana daerah tertinggal (DAK SPDT) tahun 2014.
Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias melaporkan perencanaan dan pengelolaan pengadaan Moda Transportasi Perdesaan di Kabupaten Nias bersumber dari dana alokasi khusus bidang sarana dan prasarana perdesaan dimaksud, maka berdasarkan anggaran yang tersedia unit layanan pengadaan (ulp) pemerintah kabupaten nias telah melakukan kegiatan pengadaan yaitu melakukan penunjukkan langsung terhadap 9 (sembilan) unit truck yang bersumber dari dana dak kementerian pembangunan daerah tertinggal ta. 2014 dengan pagu dana 3.469.070.000,- dengan nilai kontrak sebesar rp. 3.253.680.000,- sehingga masih ada sisa sebesar Rp. 215.390.000,-.

Selengkapnya dapat dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *