Kabupaten Nias Peringati Hut Koperasi Ke-68 Tahun 2015

Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi Ke-68 Tahun 2015 Kabupaten Nias yang di laksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Kecamatan Hiliserangkai pada hari Selasa 8 September 2015 berlangsung meriah. Kegiatan ini sebagai pelaksana Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nias

Acara peringatan HUT Koperasi di Kabupaten Nias dihadiri langsung Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Unsur Muspida Kabupaten Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kaban/Kadis Lingkup Kabupaten Nias, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Nias, Unsur Muspika Kecamatan Hiliserangkai, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Nias dan Camat se-Kabupaten Nias.

Kegiatan HUT Koperasi Ke-68 Kabupaten Nias di meriahkan dengan berbagai kegiatan yaitu; Penilaian terhadap Koperasi berprestasi, lomba koor mars koperasi, lomba cerdas tangkas terampil (LCTT) koperasi dan pameran hasil kerajinan tangan dan industri rumah tangga.

Dalam sambutan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Nias (Dekopindo) Mareti Waruwu mengatakan bahwa koperasi di Kabupaten Nias membutuhkan support dari Pemerintah Daerah khususnya segi permodalan dan juga pelatihan-pelatihan bagi koperasi, sehingga koperasi yang ada di Kabupaten Nias dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Nias.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nias Drs. Wa’ozatulo Harefa sebagai penyelenggara kegiatan mengajak seluruh anggota Koperasi di Kabupaten Nias supaya melanjutkan pemberdayaan Gerakan Koperasi sebagai Soko Guru ekonomi yang pro rakyat dengan cara memasyarakatkan Koperasi dan mengkoperasikan masyarakat menjadi pecinta-pecinta Koperasi, sehingga Koperasi yang sekarang ada di Kabupaten Nias sebanyak 123 unit dan UKM sebanyak 977 unit menjadi wadah dan Soko Guru ekonomi rakyat yang mantap dalam berbagai Bidang.

Bupati Nias dalam sambutannya, melalui peringatan HUT Koperasi Indonesia ke-68 yang mengusung tema “Memperkokoh Koperasi Sebagai SokoGuru Perokonomian”, Pemerintah Kabupaten Nias dalam memperkokoh Koperasi sebagai SokoGuru Perekonomian Nasional, sepakat ingin membangun Koperasi di Kabupaten Nias lebih berkualitas dan mampu berperan dalam perekonomian Nasional, bukan saja sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.

Lebih lanjut Bupati Nias dalam sambutannya, Pemerintah Kabupaten Nias dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) juga akan terus berkomitmen untuk meningkatkan perannya dalam membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program yang baik yang bersifat peningkatan sumber daya manusia (SDM) Koperasi, pembiayaan, pemasaran, keuangan dan teknologi. Khusus dalam pembiayaan, tahun ini pemerintah telah mengeluarkan dana bergulir sebesar Rp. 1.000.000.000.- (satu milyar) rupiah dan akan melaksanakan pelatihan bagi pengurus dan pengelola Koperasi di Kabupaten Nias.

Akhir sambutan Bupati Nias menyerahkan Piagam Penghargaan,Tropi, hadiah dan bantuan dana pembinaan bagi Koperasi berprestasi yaitu:

  1. Juara I ; KPRI Kalpataru, (Koperasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nias)
  2. Juara II; KSU Soguna ( Desa Tuhegeo II Kecamatan Hiliduho), dan
  3. Juara III; KPRI Karya, (Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Nias),dan

Pemberian hadiah dan Piala Bergulir Bupati Nias pada Lomba Koor Mars Koperasi yang di ikuti oleh 7 (tujuh) koperasi dan terpilih menjadi juara:

  1. Juara I, KSP Mutiara, Desa Sisobahili Tanose’e Kecamatan Hiliduho,
  2. Jauara II, KSP Saro Ohito, Desa Hilinaa Tafuo Kecamatan Idanogawo, dan
  3. Juara III, KSU Haga, Desa Fadoro Lalai, Kecamatan Hiliserangkai.

(Humas Kab. Nias, By syukur Zebua)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *