HUT OTDA KE XXII KABUPATEN NIAS

Nias, Pemerintah Kabupaten Nias menggelar Upacara Perigatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Nias Jalan Pelud Binaka Km. 09 Ononamolo I Lot Gunungsitoli Selatan, Rabu 25/04/2018.

Upacara Peringatan HUT Otonomi Daerah ke-22 Kabupaten Nias, Bupati Nias bertindak sebagai Pembina Upacara dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs. F.Yanus Larosa, M.AP, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dan seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias.

Bupati Nias dalam sambutannya, membacakan Pidato Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa perjalanan otonomi daerah yang telah menapaki usia ke 22 telah banyak menyemai manfaat dan kebaikan bagi seluruh rakyat, kita menyadari bahwa cara paling efektif untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

Peringatan  Hari Otoriomi  Daerah ke 22 Tahun  2018 ini mengangkat tema  “mewujudkan Nawa Cita melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan Demokratis”. Artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada Peraturan dan Perundang-Undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.

Peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proses demokrasi, karena hal ini menjadi syarat mutlak bagi pembangunan yang menyeluruh dan berimbang, “ungkap Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut Menteri Dalam Negeri menegaskan tiga hal yang menjadi perhatian bersama, yaitu:

  1. lnteqritas dan etika  profesionalisme  bagi  para pemimpin dan penyelenggara  pemerintahan daerah dalam implementasi  kebijakan desentraiisasi  dan otonomi daerah merupakan hal yang. harus dik  Oleh karena itu, saya  tidak  pernah  berhenti   mengajak  dan  menekankan kepada   seluruh   jajaran   pemerintahan   daerah   sebagai pelaku  pembangunan;.. untuk  senantiasa  mengedepankan nilai dasar  revolusi mental yaitu integritas,  etas kerja dan gotong royong.
  2. Perhatian dan  komitmen  kita  bersama yaitu  untuk  mewujudkan  tata  kelola  pemerintahan   yang baik (good governance)Untuk itu reformasi birokrasi agar terus  dilakukan  baik dibidang  kelembagaan,  peningkatan kapasitas aparatur,. skuntabilitas  pengelolaan keuangan daerah  yang  menjadi  kunci  keberhasilan  dalam implementasi  kebijakan  otonomi daerah masih perlu terus ditingkatkan.
  3. Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui      peningkatan     kualitas pelayanan       publik, peningkatan  pemberdayaan  masyarakat,  dan peningkatan daya saing perekonomian daerah harus terus menjadi prioritas   utama   kebijakan   di  semua   level   Pemerintah Daerah.

Bupati Nias usai membacakan Pidato Menteri Dalam Negeri RI, kembali menegaskan bahwa kepada seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias agar semangat otonomi daerah terus digelorakan melalui Motto Pemerintah Kabupaten Nias yaitu :KIS (Kreatif, Inofatif dan Sinergitas),@diskominfo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *