Berita Daerah

LOMBA VOCAL SOLO CILIK KABUPATEN NIAS

Gido (niaskab.go.id) Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pariwisata Nasional, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nias menggelar Lomba Vocal Solo Cilik Kabupaten Nias Tahun 2016. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Pemerintah Kabupaten Nias melalui anggaran Disporabudpar Kab. Nias. Lomba dilaksanakan pada hari Rabu (02/11/16) di halaman Kantor Disporabudpar, Hiliweto-Gido.

Sebelum lomba dimulai Sekretaris Disporabudpar Kab. Nias Anotona Gulo, S.Pd selaku Ketua Pelaksana menyampaikan laporannya yakni Dasar Pelaksanaan-Keputusan Bupati Nias Nomor : 800/646/K/TAHUN 2016 tanggal 29 September 2016 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Peringatan Hari Pariwisata Kabupaten Nias Tahun 2016, Tujuan Pelaksanaan Kegiatan-untuk mencari bibit dan menyalurkan bakat seni suara dan untuk mempererat rasa persaudaraan antara remaja di Kabupaten Nias, Jenis Kegiatan-dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pariwisata 2016, Waktu dan Tempat Pelaksanaan-dilaksanakan selama satu hari (Rabu, 2 November 2016 ) Pukul 14.00 Wib s.d selesai; Tempat-Halaman Kantor Disporabudpar Kab. Nias Desa Hiliweto Kecamatan Gido, Peserta Lomba berjumlah 20 orang yang terdiri dari 2 (dua) Orang utusan setiap Kecamatan se-Kabupaten Nias berusia antara 8 s.d. 12 tahun, Lagu Wajib-Masing-masing Peserta menyanyikan Lagu Daerah Nias, untuk peserta putra menyanyikan lagu AMADA GURU ciptaan Fati Zebua dan peserta putri menyanyikan lagu HULO OMASI’O ciptaan Man Harefa, Sumber Pembiayaan-untuk mendukung pelaksanaan Hari Pariwisata Kabupaten Nias Tahun 2016 ini dibebankan pada APBD Kabupaten Nias Tahun 2016 Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH menyampaikan Arahan dan Bimbingan Bupati Nias atas pelaksanaan kegiatan ini. Beliau (Arosokhi Waruwu) sangat mengapresiasi digelarnya perlombaan ini, ia mengatakan bahwa ajang seperti ini bisa menjaring bakat-bakat penyanyi muda yang kemudian bisa dikembangkan untuk memajukan kepariwisataan di Kepulauan Nias khususnya di Kabupaten Nias sendiri.

“Pariwisata adalah rekreasi-liburan, orang yang bekunjung ke suatu tempat kunjungan wisata akan cenderung berulang mengunjungi tempat itu, menceritakan kepada orang lain serta mengajak untuk berkunjung, itu kalau tempatnya nyaman dan menyenangkan, namun sebaliknya, jika tempat yang dikunjungi tidak menyenangkan ataupun tidak aman untuk dikunjungi maka iapun tidak mau lagi berkunjung” tegas Arosokhi Waruwu.

Wakil Bupati Nias menambahkan, “dalam prinsip-prinsip penyelenggaraan kepariwisataan, ditetapkan norma sebagai penerapan nilai yang terkandung didalamnya, antara lain pertama, kepariwisataan berbasis budaya-kegiatan kepariwisataan di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa-haruslah selalu berlandaskan pada nilai-nilai agama, budaya, adat-istiadat dan tradisi bangsa Indonesia; kedua, kepariwisataan berbasis masyarakat-tujuan utama mensejahterahkan masyarakat setempat dengan memberdayakan, peran serta langsung serta langsung serta kepemilikan secara proporsionalitas untuk kemanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat atau diistilahkan bisnis, ketiga, kepariwisataan berbasis lingkungan-alam mempunyai kedudukan yang sama sebagai ciptaan Tuhan, menggunakan alam dan sekaligus melestarikannya agar dapat dimanfaatkan oleh generasi yang akan datang.

Acara ini dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Bupati Nias, Plt. Danramil Gido, Kadispora Kab. Nias dan seluruh jajarannya, Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Nias, Kepala SKPD lingkup Pemkab Nias, dewan juri lomba, Plt. Kabag Humas dan Staf, Peserta Lomba beserta pendamping dari setiap Kecamatan yang mengikuti Lomba.

Dari pantauan personil Humas, tampak acara lomba berjalan sangat meriah sekalipun cuaca kurang baik-gerimis saat berlangsungnya lomba dan sesekali para penonton tertawa sambil bertepuk tangan menyaksikan kelucuan para peserta cilik yang terlihat masih grogi dan ada juga yang lupa lirik lagunya. (HumasKabNias)

Hari Pariwisata Nasional

Lomba Vocal Solo Cilik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Berita Terpopuler

Total Pengunjung

057612
Hari ini : 32
Kemarin : 131
Bulan ini : 2912
Tahun ini : 12668

Copyright © 2016 By NiasKab

To Top