Artikel Blog

Musrenbang Kabupaten Nias Terlaksana, Berikut Arahan Bupati

Pemerintah Daerah Kabupaten Nias menggelar Musrenbang tingkat kabupaten guna penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2021, Senin (9/3), dengan tema “Optimalisasi penyediaan dan pemanfaatan infrastruktur wilayah dalam rangka peningkatan daya dukung wilayah untuk peningkatan kualitas SDM dan kondisi perekonomian daerah menuju Nias yang maju, mandiri dan sejahtera”.

Sebelum memulai kegiatan yang berlangsung di ruang serbaguna Kantor Bupati Nias lantai III tersebut, para peserta musrenbang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu daerah Nias.

 

Dalam laporan Ketua Pelaksana, Edwin Hulu mengungkapkan maksud dan tujuan berlangsungnya musrenbang kabupaten.

“Tujuan dilaksanakannya musrenbang ini guna memperoleh masukan serta menghimpun aspirasi yang selanjutnya dituangkan dalam rancangan pembangunan tahun 2021,” ucap Kepala Bappeda Kabupaten Nias itu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Nias, Alinuru Laoli dalam sambutannya menyampaikan kiranya Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Nias dapat bekerjasama untuk mewujudkan pembangunan yang prioritas.

“Kami mengharap agar sasaran pembangunan difokuskan pada daerah yang prioritas untuk dibangun,” harap Ketua DPRD Kabupaten Nias itu.

Mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Muliadi Simatupang menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Nias.

“Kita mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Nias atas terselenggaranya musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021,” ucapnya.

Pada arahan dan bimbingan Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli yang sekaligus membuka Musrenbang Kabupaten Nias mengucapkan bahwa musrenbang yang dilaksanakan hari ini sudah melalui tahapan yang ada.

“Musrenbang ini bagian dari tahapan penting dalam penyusunan rencana pembangunan Kabupaten Nias tahun 2021. Sebelum musrenbang kabupaten kita telah melaksanakan beberapa tahapan sebelumnya hingga musrenbang kecamatan telah kita laksanakan,” ucap Bupati Nias.

Bupati Nias juga mengklaim bahwa di akhir kepemimpinannya sudah melakukan upaya pembangunan Nias diluar yang tercantum pada RKPD.

“Ada beberapa pembangunan yang kami upacara diluar yang tercantum di dalam RKPD seperti pembangunan listrik yang hampir merata di Kabupaten Nias, pembangunan bandara udara yang kami lobi melalui Kementrian Perhubungan, serta pembangunan RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias yang kini menjadi RS rujukan regional Kepulauan Nias,” ucap Bupati Nias.

Hadir pada musrenbang tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang mewakili Gubernur Sumatera Utara, Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, para pimpinan OPD, pimpinan BUMN, BUMD Kabupaten Nias, para Camat, serta delegasi utusan masyarakat tiap kecamatan.