Artikel Blog

Penuh Hikmah, Syukuran Tahun Baru Pemkab Nias Berjalan Lancar

Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan syukuran tahun baru 2020 di lokasi perkantoran Hiliweto Gido, Jumat (10/1).

Acara yang dimeriahkan oleh penyanyi cilik asal Nias Utara, Frengki Zega tersebut tampak dihadiri langsung oleh Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, Sekda Kabupaten Nias Firman Yanus Larosa, Dandim 0213/Nias, Kapolres Nias, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Ketua DPRD Kabupaten Nias, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias, Para Kepala OPD dan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias.

Acara diawali dengan laporan panitia yang di sampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Martahani D Matondang sebagai ketua panitia acara.

“Acara ramah tamah ini merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana kita telah berhasil dan mampu melalui segala tantangan hidup dan pekerjaan pada tahun 2019. Selain itu, untuk memelihara dan meningkatkan hubungan silahturahmi antara Pemerintah Kabupaten Nias dengan Forkopimda, Anggota DPRD, Tokoh Agama dan seluruh elemen masyarakat,” lapor ketua Panitia.

Pada kesempatan yang sama dalam arahannya Bupati Nias mengajak peserta ramah tamah untuk menjalani tahun 2020 dengan penuh semangat dan pengharapan.

“Marilah kita menjalani tahun 2020 ini dengan penuh semangat dan pengharapan serta bersama-sama membangun kehidupan bermasyarakat menuju kearah yang lebih baik. Kita bersyukur, sepanjang tahun 2019 yang lalu kita telah menjalani proses pembangunan yang lebih baik dari sebelumnya,” ucap Bupati Nias.

Lebih lanjut, pada arahannya Bupati Nias menyampaikan hasil kinerjanya di tahun 2019 yang lalu

“Pada bidang pendidikan kita telah memberikan beasiswa berprestasi kepada kurang lebih 5.990 siswa dan siswi tingkat SD serta SMP, beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi kurang lebih 250 orang serta melengkapi fasilitas perpustakaan dan laboratorium. Pada bidang kesehatan masyarakat mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan dengan indikator umur harapan hidup berada pada angka 69,43 tahun yang dari sebelumnya 69,18 tahun. Demikian juga dengan survey kepuasan pelayanan di RSUD Gunungsitoli yaitu pada capaian 78%. Pada indeks pembangunan manusia yang menjadi perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup juga meningkat dari 60,21 menjadi 60,82,” terang Bupati Nias.

“Disektor pertanian produksi karet pada tahun 2017 mencapai 5.653,26 ton dan meningkat pada tahun 2018 menjadi 5.805,04 ton. Produksi kelapa juga meningkat yang dimana pada tahun 2017 sebanyak 692,41 ton dan pada 2018 mencapai 871,87 ton. Begitu juga dengan produksi perikanan tangkap dimana pada 2017 mencapai 1.097,84 ton meningkat pada tahun 2018 menjadi 1.185,67 ton serta produksi perikanan budidaya meningkat menjadi 23,23 ton di tahun 2018 dari sebelumnya sebanyak 21,11 ton pada tahun 2017. Sedangkan dibidang infrastruktur kita terus berupaya keras mengejar target pencapaian antara lain mengurangi jumlah desa terisolir oleh kendaraan roda empat, penyediaan air bersih di pedesaan, meningkatkan kualitas hunian serta pengembangan infrastruktur kawasan ekonomi wisata Soziona,” ungkap Bupati Nias membeberkan capaian kinerjanya.

Diakhir arahannya, Bupati Nias mengajak peserta ramah tamah untuk membulatkan semangat dan menanamkan tekad.

“Marilah kita senantiasa membulatkan semangat dan menanamkan tekad agar kedepan seiring dengan semakin beratnya tantangan diberbagai sektor pembangunan kita dapat memberikan karya terbaik,” ucap Bupati menutup arahannya.

Acara syukuran tahun baru yang dirangkaikan dengan acara ramah tamah Pemerintah Kabupaten Nias tersebut dipimpin langsung oleh Pastor Fidelis Mendrofa, OFM.Cap sebagai pengkhotbah.