Profil Kabupaten Nias

Kabupaten Nias adalah salah satu daerah Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang berada dalam satu Pulau yang disebut Pulau Nias. Pulau Nias mempunyai jarak ± 85 mil laut dari Sibolga (Daerah Provinsi Sumatera Utara).

Daerah Kabupaten Nias memiliki pulau-pulau kecil sebanyak 4 buah, 3 buah yang tidak dihuni dan 1 buah yang dihuni oleh Penduduk.

Luas Wilayah Kabupaten Nias  1.004,06 km², sejajar dan berada di sebelah Barat Pulau Sumatera serta dikelilingi oleh Samudera Hindia.

Letak Geografis.

Kabupaten Nias terletak pada garis 0º12′-1º32′ Lintang Utara (LU) dan 97°-98° Bujur Timur (BT) dekat dengan garis khatulistiwa dengan batas-batas wilayah:

  • Sebelah Utara : berbatasan dengan Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.
  • Sebelah Selatan : berbatasan dengan Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.
  • Sebelah Timur : berbatasan dengan Kota Gunungsitoli dan Samudera Indonesia.
  • Sebelah Barat : berbatasan dengan Kabupaten Nias Barat.

Topografi/Kondisi Alam

Kondisi Alam Kabupaten Nias sebahagian besar berbukit-bukit sempit dan terjal serta Pegunungan dengan tinggi di atas permukaan laut bervariasi antara 0-800 m, yang terdiri dari Daratan rendah hingga bergelombang sebanyak 24%, dari tanah bergelombang  hingga berbukit-bukit 28,8% dan dari berbukit hingga Pegunungan mencapai 51,2% dari seluruh luas daratan. Akibat kondisi Alam yang demikian mengakibatkan adanya 103 sungai-sungai kecil, sedang, atau besar ditemui hampir di seluruh Kecamatan.

Iklim

Akibat letak Kabupaten Nias dengan garis khatulistiwa, maka curah hujan setiap tahun cukup tinggi. Curah hujan yang tinggi setiap tahun mengakibatkan kondisi alam Kabupaten Nias sangat lembab dan basah. disamping itu, keadaan iklim Kabupaten Nias juga sangat dipengaruhi oleh posisinya yang dikelilingi oleh Samudera Hindia.

Kecepatan angin rata-rata dalam satu tahun 5,1 knot/jam. kondisi seperti  ini disamping curah hujan yang tinggi mengakibatkan sering terjadai badai besar. Musim badai laut setiap tahun biasanya terjadi antara bulan September sampai dengan November, tetapi kadang-kadang terjadi juga pada bulan Agustus dan cuaca bisa berubah secara mendadak.http://Profil Kab Nias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*